Rabu, 09 November 2011

Biogeografi dan sosioantropologi


A. Karakteristik Biogeografi dan Sosioantropologi

Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari pola distribusi tumbuhan dan hewan dengan menggunakan pendekatan analisis spatial (mengacu pada posisi, obyek, dan hubungan diantaranya dalam ruang bumi, termasuk permukaan bumi, dibawah permukaan bumi, perairan, kelautan dan bawah atmosfir), atau Biogeografi adalah Penyebaran tumbuh-tumbuhan dan binatang secara geografis di muka bumi.
Pada awalnya konsep biogeografi banyak mendapatkan kritik karena jarang sekali menyentuh faktor-faktor lingkungan alam lainnya dalam satu ekosistem dan faktor manusia dengan aktivitasnya terhadap terjadinya pola distribusi tumbuhan dan hewan tersebut. Hal ini kemudian dipandang sebagai satu kelemahan mendasar dari konsep biogeografi. Karena itu, dalam perkembangan selanjut­nya biogeografi mulai menyentuh faktor-faktor ekosistem dan kegiatan-kegiatan manusia untuk memahami pola distribusi organisme mahluk hidup (tumbuhan dan hewan) dalam suatu lingkungan geografi pada masa lalu dan pada saat ini. Bersamaan dengan perkembangan tersebut kemudian muncul istilah baru yang dikenal sebagai konsep Bioregion.
Bioregion Jawa Barat merupakan Kawasan/lingkungan fisik wilayah Jawa Barat yang pengelolaanya tidak ditentukan oleh batasan politik dan administrasi, tetapi oleh batasan geografi, komunitas manusia serta system ekologi. Dengan demikian, bioregion jugamempunyai pengertian ekoregion, yaitu pengelolaan kawasan yang didasarkan pada prioritas ekosistem dan habitat alami setempat.
Sosioantropologi diambil dari kata “Society/social’ (masyarakat) dan “Antropologi”. Antropologi adalah suatu ilmu yang memahami sifat-sifat semua jenis manusia secara lebih banyak. Studi antropologi selain untuk kepentingan pengembangan ilmu itu sendiri, di negara-negara yang telah membangun sangat diperlukan bagi pembuatan-pembuatan kebijakan dalam rangka pembangunan dan pengembangan masyarakat. Antropologi secara garis besar dipecah menjadi dua bagian, yaitu antropologi fisik/biologi dan antropologi budaya.
Dengan demikian Sosioantropologi adalah suatu ilmu yang mengkaji sifat-sifat dan hubungan antar masyarakat serta kebudayaannya.
Masyarakat (society) dan kebudayaan (culture) saling bergantung satu sama lain. Masyarakat tidak mungkin merupakan satu kesatuan fungsional tanpa kebudayaan. Demikian pula sebaliknya. Individu-individu hanya sebagai medium ekspresi kebudayaan dan melangsungkannya dengan pendidikan terhadap generasi berikutnya.

B. Pola/gaya hidup yang sesuai dengan karakteristik biogeografi
            Dulu, indonesia dikenal sebagai sebuah negri yang subur. Negri kepulauan yang membentang di sepanjang garis khatuliwistiwa yang ditafsirkan ibarat untaian zambrut berkilauan sehingga membuat penghuninya merasa tenang, nyaman, damai dan makmur.
Namun, seiring zaman indonesia tidak lagi nyaman untuk dihuni. Tanahnya jadi gersang dan tandusjika kita lihat dari tahun ke tahun indonesia hanya menuai bencana, banjir bandang, tanah longsor, tsunami, atau kekeringan. Untuk itu kita para penerus yang akan datang harus memiliki pola hidup yang sesuai dengan karakteristik biogeografi agar negri kita tetap subur, berikut contoh gaya hidup :

  1. Pola/Gaya Hidup yang sesuai :
·         Kebiasaan gotong royong
·         Kekeluargaaan
·         Hidup sederhana

  1. Pola/Gaya hidup yang tidak sesuai :
·         Biat tekor asal sohor
·         Individualistis
·         Membuang sampah dimana saja
·         Merusak fasilitas umum


Pembiasaan pola hidup yang sesuai dengan karateristik Biogeografi dan sosioantropologi
·         Membuang sampah pada tempatnya
·         Menangkap burung-burung untuk dibudidayakan
·         Menanam tanaman
·         Tidak membuang limbah sembarangan
·         Memelihara kebersihan lingkungan

C. keanekaragaman sumber daya alam
Keanekaragaman hayati atau biodiversitas (Bahasa Inggris: biodiversity) adalah suatu istilah pembahasan yang mencakup semua bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya, yaitu mencakup gen, spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme serta ekosistem dan proses-proses ekologi dimana bentuk kehidupan ini merupakan bagiannya. Dapat juga diartikan sebagai kondisi keanekaragaman bentuk kehidupan dalam ekosistem atau bioma tertentu. Keanekaragaman hayati seringkali digunakan sebagai ukuran kesehatan sistem biologis.
Keanekaragaman hayati yang ditemukan di bumi adalah hasil dari miliaran tahun proses evolusi. Asal muasal kehidupan belum diketahui secara pasti dalam sains. Hingga sekitar 600 juta tahun yang lalu, kehidupan di bumi hanya berupa archaea, bakteri, protozoa, dan organisme uniseluler lainnya sebelum organisme multiseluler muncul dan menyebabkan ledakan keanekaragaman hayati yang begitu cepat, namun secara periodik dan eventual juga terjadi kepunahan secara besar-besaran akibat aktivitas bumi, iklim, dan luar angkasa.
Mensyukuri keanekaragaman sumber daya alam yang dimiliki oleh negara kita perlu kita laksanakan bukan hanya sebatas teori belaka yang digembar-gemborkan oleh para tokoh sosial ataupun pemerintah. Perlu penagaran dengan jelas dalam rangka menjaga sumber daya alam ini, sebelum kita menginjak pada pembahasan yang lebih jauh maka kita harus mengetahui beberapa sumber daya alam yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut :
Sumber daya alam materi yang dimanfaatkannya adalah sumber materi tersebut.
1. SDA hayati ialah SDA yang berbentuk makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan.
2. SDA energi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah energi yang terkandung didalamnya.
3. SDA ruang yaitu ruang atau tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya.
4. SDA waktu adalah sumber daya alam yang tidak dapat berdiri sendiri tetapi terkait pemanfaatannya dengan sumber daya lain.
Kelima sumber daya alam di atas sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Sumber daya alam yang dimiliki oleh negara kita sanagt beraneka ragam yang terdiri dan berbagai sumber daya sumber daya alam yang dapt kita manfaatkan dan diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Sumber Daya Alam Perairan
Sebagai negara maritim, Indonesia mempunyai perairan yang sangat luas. Di dalam laut yang luas itu terdapat sumber daya alam yang tidak ternilai harganya, bayangkan di dalam laut terkandung berbagai jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis. Laut bisa digunakan sebagai tempat budi daya laut rumput laut dan karang mutiara, air laut bisa diubah menjadi garam. Jauh di dasar laut terdapat berbagai tambang bahkan fenomena laut merupakan aset parawisata yang potensial. Lihatlah betapa besarnya potensi lautan dengan banyak ikan-ikan yang terjual di pasaran mungkin negara lain belum tentu dapat menyediakannya dan SDA (Sumber DayaAlam) perairan meliputi :

2. Perikanan
Laut kita banyak menyediakan ikan yang bagus dijaga kelestariannya artinya tidak merusak kekayaan yang terdapat didalamnya. Air yang terlampau hangat tidak ditumbuhi plankton yang menjadi makanan banyak ikan. Namun, air laut yan terlampau dingin pun tidak disukai. Tempat hidup yang sesuai adalah perairan tempat pertemuan arus hangat dan arus dingin, pertemuan arus hangat dan arus dingin ini disebut upwelling. Negara Indonesia mempunyai iklim yang stabil antara musim panas dan dingin dan upwelling dengan periode yang silih berganti (alternating), karena kenaikan air (upwelling) pada musim timur disusul oleh penenggelaman air permukaan (down upwelling) pada musim barat. Contoh, laut Banda Aceh, laut Arafuru, selat Makasar, laut Halmahera, laut Maluku, selat Jawa, serta akhir-akhir ini sampai pada utara Papua.

3. Pertambangan dan Energi
Beberapa sumber daya alam seperti, minyak, mineral dan logam berada di bawah laut, selain itu masih banyak kekayaan yang bisa dimanfaatkan air laut sekurang-kurangnya mengandung 80 unsur. Unsur tersebut antara lain unsurnya adalah uranium, mangan, karbon, belerang dan sebagainya. Unsur yang paling dominan adalah klorin dan natrium. Beberapa negara telah memanfaatkannya, seperti mendirikan pabrik ekstraksi uranium dan penambangan bentil mangan. Bukan hanya unsur-unsur mineral yang bisa dimanfaatkan bahkan air laut pun dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga gelombang. Air laut yang asin pun dapat dibuat menjadi tawar di pabrik penawaran air. Banyak sekali bukan kekayaan alam yang ada di laut?


4. Sumber Saya Alam di Wilayah Daratan
Daratan juga menyimpan potensi sumber daya alam yang sangat besar. Daratan menyediakan tempat bagi kita untuk membangun tempat tinggal serta melakukan kegiatan untuk mencukupi kebutuhan sebagaian besar kebutuhan itu pun tersedia di daratan dan sumber daya alam yang tersedia di daratan antara lain :
Dari penjelasan tadi menggambarkan bahwa Indonesia itu adalah negara kaya akan sumber daya alam. Lalu bagaimanakah dengan sumber daya manusianya?
Dan pertanyaan di atas menunjukan objek negara yaitu ruang lingkup antropologi yang terdiri dari perilaku masyarakat dalam membina sumber daya alam tersebut. Disini sangat berperan penting adanya sumber daya manusia yang produktif dalam menjaga dan memelihara kekayaan negara. Jika kita berbicara dengan sumberdaya manusia pasti hubungannya tidak lain kecuali pendidikan dalam memupuk dan menciptakan generasi yang dapat memanfaatkan sumber kekayaan negara.
Perlunya kesadaran terhadap pendidikan dan menumbuhkan rasa nasionalisme yang berkepanjangan karena tanpa itu semua kita mudah dibodohi oleh pihak luar (eksternal) yang mungkin mengambil kekayaan negeri kita. Pengaruh kurangnya sumber daya manusia terhadap sumber daya alam adalah sebagai berikut :
Sumber daya alam menjadi bencana, contoh air menjadi banjir akibat peluapan karena sampah di sungai.
Mudahnya para pelacak kekayaan negara mengambil sumber daya alam tanpa bertanggungjawab.
Kualitas sumber daya alam tidak berkembang.
Stabilitas ekonomi terhambat.
Inflasi meningkat yang menyebabkan terjadi kelaparan di mana-mana.
Dan hal di atas begitu pentingnya pendidikan dalam mengisi jiwa para genarasi muda dengan ilmu pengetahuan dalam memelihara kekayaan negara.
Memasuki abad ke-21 pendidikanindonesia dalam Era Globalisasi sekarangini,banyak ketinggalan di banding negara-negara maju seperti Amerika serikat yang merupkan negara nomor satu di dunia.ketinggalan ini dapat kita rasakan dalam arus kehidupan ini yang terus berubah mengikuti zaman.

0 komentar:

Poskan Komentar