Rabu, 09 November 2011

Hutan temperate (hutan 4 musim)

Hutan temperate berada di kawasan Eropa yang memiliki empat musim yakni panas, gugur, dingin (salju), dan semi. Hutan di kawasan itu tak rimbun, daunnya tak selalu hijau. Semak belukar dan rumput juga jarang. Jadi hutan temperate mirip deretan pohon semata, tanpa semak dan rumput.

Beberapa jenis tanaman di antaranya pohon oak, beech, dan pohon mappel yang enak dijadikan sirup. Pohon di hutan temperate tak tumbuh sepanjang tahun. Pada musim semi dan panas, mereka berkesempatan menggemukkan badan. Namun memasuki musim gugur dan salju, mau tak mau pohon-pohon itu harus “istirahat”. Jadi pertumbuhannya tak secepat hutan tropis.

Hutan boreal berada di kawasan kutub, di antaranya Alaska, Kanada, Rusia, Swedia, Norwegia, dan Finlandia. Kutub adalah lingkungan yang keras. Salju dan hawa dingin menyelimuti kawasan itu hampir sepanjang musim. Pada musim dingin mencapai minus 50 derajat celcius.

Karena sinar matahari langka, tumbuhan sulit melakukan fotosintesis. Makanya pohonnya kecil dan kerdil. Meski bernama hutan, belum tentu ada pohonnya. Adakalnya hanya berupa hamparan rumput tanpa pohon. Mendekati pusat kutub bahkan hanya ada tumbuhan sejenis lumut. Meski demikian, para ahli tetap menamainya sebagai hutan (forest). Hutan di kutub di antaranya sabana (padang rumput), tundra, taiga (pohon jarum dan lumut), serta steppes.

Hutam berperan menjaga keseimbangan ekosistem. Perubahan fungsi menjadi hutan produksi (pinus, karet, jati) atau disulap menjadi perkebunan, pemukiman atau kawasan indutri membawa bencana bagi manusia, di antaranya pemanasan global, dan banjir, dan tanah longsor.

1 komentar: