Kamis, 10 Mei 2012

Kebiasaan Siswa SMAN 1 Ciampea Dalam Membuang Sampah



Oleh:
M. Alauddin Rauf
SMA Negri 1 Ciampea





Daftar isi
HalamanJudul……………………………………………………..…….............................1
Daftar Isi……………………………………………………………………………..   2
Kata Pengantar…………………………………………………………………………… 3
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………. 4
1.1  Latar Belakang …………………………………………………………………….......4
1.2  Rumusan Masalah……………………………………………………………………. 4
1.3  Manfaat Penulis …………………………………………………………...…………..4
BAB II LANDASAN TEORI……………………………………………………………...5
BAB III METODELOGI…………………………………………………………………6
3.1 tujuan penelitian………………………………………………………………….........6
3.2 Tempat Dan Waktu ……………………………………………………………….…..6
3.3 Wawancara…………………………………………………………………………….6
3.4 Instrumen Penelitian…………………………………………………………………...7
3.5 populasi dan sampel……………………………………………………………………7
Bab IV PEMBAHASAN ……………………………………………………......................8
4.1 pembahasan hasil penelitian …………………………………………………………..8
BAB V PENUTUP............................……………………………………………………9
5.1 Kesimpulan.....................................................................................................................9
5.2 Saran...............................................................................................................................9
Daftar Pustaka ……………………………………………………………………………10

KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT, karena berkat  rahmat dan hidayah NYA lah sehingga penulis dapat menyusun karya tulis ini yang berjudul “ Kebiasaan Siswa SMAN I Ciampea Membuang Sampah ”.
Demi terselesaikan nya karya tulis ini, berbagai upaya telah dilakukan seperti mencari buku-buku yang mempunyai kaitan dengan judul karya ilmiah ini, bertanya dan mengamati secara langsung siswa-siswi di SMAN I Ciampea yang membuang smapah.  Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis selalu bersedia dengan senang hati untuk menerima saran dan kritik bagi para pembaca untuk perbaikan nya.  Tiada lain harapan penulis semoga karya ini dapat berguna untuk mencapai tujuan.



Bogor,November 2011



                                                                                                                         Penulis  





BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
            Kebiasaan siswa dalam membuang sampah, tergantung pada siswa itu sendiri. Permasalahan ini dapat berdampak positif, jika seseorang siswa membuang sampah sembarangan. Jika kita lihat di lingkungan sekolah masih banyak siswa yg membuang sampah sembarangan.
            Alasan ini muncul pada kesadaran siswa dalam membuang sampah, alasan siswa membuang sampah sembarangan mungkin tempat sampahnya jauh atau sebagainya tetapi ada saja siswa yang tidak peduli dengan lingkugan dengan membuang sampah sembarangan.
            Lingkungan yang kotor dan sampah berserakan membuat suasana sekolah yang kotor yang dapat menimbulkan kegiatan belajar mengajar tidak berjalan baik (tidak nyaman). Oleh karena itu kita perlu mengatasi masalaah ini agar suasana sekolah bersih dan nyaman.

1.2 Rumusan masalah
            Dalam penelitian ini akan meneliti kebiiasaan siswa dalam membuang sampah, oleh karena itu salama penelitian ini menggunakan rumusan masalah sebagai berikut:
·         Berapa banyak siswa yang berkebiasaan membuang sampah pada tempatnya?
·         Bagaimana cara untuk membiasakan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya?

1.3 Manfaat penelitian
Manfaat penelitian ini, kita dapat mengetahui frekuensi siswa SMAN 1 Ciampea dalam membuang sampah di sekolah

BAB II
LANDASAN TEORI

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya.
[1]Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higinis yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, menyikat gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.
[2]Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat belajar (kelas), dan berbagai sarana umum. Kebersihan tempat belajar (kelas) dilakukan dengan cara melaksanakan piket, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan debu-debu dsb. Kebersihan lingkungan kelas dimulai dari menjaga kebersihan meja dan kursi, dan membersihkan bearanda di depan kelas dari sampah.
          seperti yang dikatan tadi, untuk menjaga kebersihan kita harus menerapkan [3]sanitasi lingkungan membuang sampah pada tempatnya dan membuang sampah sudah menjadi kegiatan rutin kita setelah menggunakan sesuatu benda, terutama dalam hal makanan. Sering kita lihat, di sekolah terdapat selogan-selogan yang isinya mengajak untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti “Kebersihan itu sebagian dari iman” ataupun “Buanglah sampah pada tempatnya”, Akan tetapi tidak jarang pula orang yang tidak mempedulikannya. Oleh karena itu, disini akan di lakukan penelitian untuk mengetahui kebiasaan siswa SMAN 1 Ciampea dalam membuang sampah.

BAB III
METODELOGI

3.1 Tujuan Penelitian
          Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kebiasaan siswa SMAN 1 Ciampea dalam membuang sampah di sekolah.

3.2 Waktu Dan Tempat
          Penelitian ini dilaksakan di SMAN 1 Ciampea, pada tanggal 02/11/2011

3.3 Metodologi Penelitian
            Disini menggunakan metode wawancara, [4]Wawancara adalah Proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil menatap muka antara sipenanya atau pewawancara dengan si penjawab. Metode wawancara ini penulis tidak akurat dalam mendapatkan data dari setiap sampel, karena penulis mungkin saja mendapatkan data tidak benar adanya karena beberapa siswa yang enggan atau malu untuk menjawab jika ditanya kebiasaan mereka dalam membuang sampah.  Akan tetapi mereka menjawab dengan jujur berdasarkan dari perbandingan (yang mendominasi) membuang sampah sembarangan dan membuang sampah pada tempatnya selama mereka bersekolah di SMANIC.

 3.4 Instrumen Penelitian
          Karena karya ilmiah ini menggunakan metode wawancara, maka dalam penelitian ini akan menanyakan beberapa hal pertayaan kepada sampel yang sudah dirangkum dalam tabel pengamatan sebagai berikut:
TABEL PENGAMATAN
NO
Pertanyaan
Sampel
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Apakah kalian pernah membuang sampah sembarangan?












2
Apakan di kelas kalian ada tempat sampah?












3
Menurut diri kalian sendiri, kalian mendominasi membuang sampah pada tempatnya atau membuang sampah sembarangan selama bersekolah di SMANIC












4
Apakah kalian selalu menjaga kebersihan kelas dengan cara melaksanakan piket?














3.5 Populasi dan Sampel
            Penelitian ini meneliti dari populasi XI IPA 1, dan sampel yang di teliti diambil 4 orang dari setiap barisan bangku secara random.  

BAB IV
PEMBAHASAN

          Dalam penelitian ini mendapatkan jawaban-jawaban dari 12 sampel yang menjawab petanyaan-pertanyaan dari penelitian ini, penelitian ini memberikan 4 pertanyaan kepada sampel, saat ketika responden di tanya “Apakah kalian pernah membuang sampah sembarangan?” seluruh responden menjawab ya, lalu ketika responden di tanya “Apakan di kelas kalian ada tempat sampah?” responden menjawab ya ada 9, tidak hanya 1 dan kadang-kadang ada 2. Lalu Ketika responden ditanya “Menurut diri sendiri, kalian mendominasi membuang sampah pada tempatnya atau membuang sampah sembarangan selama bersekolah di SMANIC” responden menjawab pada tempatnya ada 7 dan membuang sampah sembarangan ada 5. Ketika responden di tanya “Apakah kalian selalu menjaga kebersihan kelas?” responden yang menjawab ya ada 8 dan menjawab kadang-kadang ada 4.
            Dari penjelasan diatas, penelitian ini mendapatkan data bahwa 99% siswa SMAN 1 Ciampea pernah membuang sampah, lalu setiap kelas memiliki tempat sampah 85% dan kelas yang tidak memiliki tempat sampah hanya 15%, dan siswa yang berkebiasaan membuang sampah pada tempatnya berkisar 65% dan siswa yang membuang sampah sembarangan hanya 45%.


BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Penulis dapat menyimpulkan bahwa kesadaran siswa SMANIC dalam membuang sampah masih kurang, oleh karena itu kita siswa SMANIC yang bersekolah di SMANIC sepatutnya untuk menjaga kebersihan sekolah untuk agar [5]lingkungan hidupnya serasi dan seimbang, sehingga tidak menggangu aktivitas belajar mengajar dan tidak  sekolah mempengaruhi kehidupan kita
5.2 Saran
            Dalam penelitian ini mandapatkan usul dari beberapa sampel agar siswa-siswi SMANIC senantiasa membuang sampah sebagai berikut:
1.    Siswa diharapkan mempunyai kesadaran dari hati nuraninya sendiri untuk menjaga kebersihan.
2.     Petugas piket harus membersihkan kelas serta lingkungan sekitar.
3.     Guru wajib menegur siswa yang membuang sampah sembarangan.
4.     Menyediakan tempat sampah di setiap tempat rawan sampah
5.     Memberi sanksi tersendiri bagi siswa yang melakukan pelanggaran terutama membuang sampah sembarangan.
            Untuk menjaga kebersihan sekolah kita, kita harus membenahi dan membiasakan diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan senantiasa menjaga kebersihan di sekolah.


DAFTAR PUSTAKA
Asmara, Adi. (2008) Pengetahuan lingkungan alam kelas X. Bandung: CV Antikan Mandiri
Endang, haris. (2010) Lingkungan kita. Bandung: PT Gelora Aksara Pratama.
Yanuar, Budi. (2006) Tegar lingkungan. Jakarta: Erlangga.
Situs :











LAMPIRAN

NO
Pertanyaan
Sampel
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Apakah kalian pernah membuang sampah sembarangan?
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
2
Apakan di kelas kalian ada tempat sampah?
Y
Y
Y
Y
Y
Y
K
T
K
Y
Y
Y
3
Menurut diri kalian sendiri, kalian mendominasi membuang sampah pada tempatnya atau membuang sampah sembarangan selama bersekolah di SMANIC
S
P
P
P
P
P
S
S
S
P
P
S
4
Apakah kalian selalu menjaga kebersihan kelas?
K
Y
Y
Y
Y
Y
Y
K
K
Y
Y
K


*Keterangan
Y(ya), K(kadang-kadang), S(Sembarangan), P(pada tempatnya).


[1] Kebersihan lingkungan (Jawa timur: www.SMA4Bjonegoro, 2009), h.2
[2] Adi, asmara. ARMAN (Bandung: CV Antikan Mandiri, 2008), h.7
[3] Yanuar, Budi. Tegar lingkungan (Jakarta: Erlangga, 2006), h.19
[4]   Wawan, supriadi., wawancara (Jakarta: www.dig.com, 2010), h.1
[5] Endang, haris. Lingkungan kita (Bandung: PT Gelora Aksara Pratama, 2010), h.55

0 komentar:

Posting Komentar