Oleh:
M. Alauddin Rauf
SMA Negri 1 Ciampea
Daftar isi
HalamanJudul……………………………………………………..…….............................1
Daftar Isi…………………………………………………………………………….. 2
Kata Pengantar…………………………………………………………………………… 3
BAB I PENDAHULUAN
………………………………………………………………. 4
1.1 Latar
Belakang …………………………………………………………………….......4
1.2 Rumusan
Masalah……………………………………………………………………. 4
1.3 Manfaat
Penulis …………………………………………………………...…………..4
BAB II LANDASAN
TEORI……………………………………………………………...5
BAB III
METODELOGI…………………………………………………………………6
3.1
tujuan penelitian………………………………………………………………….........6
3.2 Tempat Dan Waktu
……………………………………………………………….…..6
3.3
Wawancara…………………………………………………………………………….6
3.4 Instrumen
Penelitian…………………………………………………………………...7
3.5 populasi dan
sampel……………………………………………………………………7
Bab IV PEMBAHASAN
……………………………………………………......................8
4.1
pembahasan hasil penelitian …………………………………………………………..8
BAB
V PENUTUP............................………………………………………………………9
5.1
Kesimpulan.....................................................................................................................9
5.2
Saran...............................................................................................................................9
Daftar Pustaka ……………………………………………………………………………10
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT, karena berkat rahmat dan hidayah NYA lah sehingga penulis
dapat menyusun karya tulis ini yang berjudul “ Kebiasaan Siswa SMAN I Ciampea Membuang Sampah ”.
Demi
terselesaikan nya karya tulis ini, berbagai upaya telah dilakukan seperti
mencari buku-buku yang mempunyai kaitan dengan judul karya ilmiah ini, bertanya
dan mengamati secara langsung siswa-siswi di SMAN I Ciampea yang membuang
smapah. Penulis menyadari bahwa karya
tulis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis selalu bersedia
dengan senang hati untuk menerima saran dan kritik bagi para pembaca untuk
perbaikan nya. Tiada lain harapan
penulis semoga karya ini dapat berguna untuk mencapai tujuan.
Bogor,November
2011
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Kebiasaan siswa dalam membuang
sampah, tergantung pada siswa itu sendiri. Permasalahan ini dapat berdampak
positif, jika seseorang siswa membuang sampah sembarangan. Jika kita lihat di
lingkungan sekolah masih banyak siswa yg membuang sampah sembarangan.
Alasan ini muncul pada kesadaran
siswa dalam membuang sampah, alasan siswa membuang sampah sembarangan mungkin
tempat sampahnya jauh atau sebagainya tetapi ada saja siswa yang tidak peduli
dengan lingkugan dengan membuang sampah sembarangan.
Lingkungan yang kotor dan sampah
berserakan membuat suasana sekolah yang kotor yang dapat menimbulkan kegiatan
belajar mengajar tidak berjalan baik (tidak nyaman). Oleh karena itu kita perlu
mengatasi masalaah ini agar suasana sekolah bersih dan nyaman.
1.2
Rumusan masalah
Dalam penelitian ini akan meneliti
kebiiasaan siswa dalam membuang sampah, oleh karena itu salama penelitian ini
menggunakan rumusan masalah sebagai berikut:
·
Berapa banyak siswa yang berkebiasaan
membuang sampah pada tempatnya?
·
Bagaimana cara untuk membiasakan siswa
untuk membuang sampah pada tempatnya?
1.3
Manfaat penelitian
Manfaat penelitian ini, kita dapat
mengetahui frekuensi siswa SMAN 1 Ciampea dalam membuang sampah di sekolah
BAB
II
LANDASAN TEORI
LANDASAN TEORI
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di
antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman
modern, setelah Louis
Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi
disebabkan oleh mikroba, kebersihan
juga berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya.
[1]Kebersihan
adalah salah satu tanda dari keadaan higinis yang baik.
Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat,
tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman
penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. Kebersihan badan meliputi
kebersihan diri sendiri, seperti mandi, menyikat gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.
[2]Kebersihan
lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat belajar (kelas), dan berbagai
sarana umum. Kebersihan tempat belajar
(kelas) dilakukan dengan cara melaksanakan piket, membuang sampah pada tempatnya,
membersihkan debu-debu dsb. Kebersihan lingkungan kelas dimulai dari
menjaga kebersihan meja dan kursi, dan
membersihkan bearanda di depan kelas dari sampah.
seperti yang dikatan tadi,
untuk menjaga kebersihan kita harus menerapkan [3]sanitasi
lingkungan membuang sampah pada tempatnya dan membuang sampah sudah menjadi
kegiatan rutin kita setelah menggunakan sesuatu benda, terutama dalam hal
makanan. Sering kita lihat, di sekolah terdapat selogan-selogan yang isinya
mengajak untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti “Kebersihan itu sebagian
dari iman” ataupun “Buanglah sampah pada tempatnya”, Akan tetapi tidak jarang
pula orang yang tidak mempedulikannya. Oleh karena itu, disini akan di lakukan
penelitian untuk mengetahui kebiasaan siswa SMAN 1 Ciampea dalam membuang
sampah.
BAB III
METODELOGI
3.1
Tujuan Penelitian
Penelitian ini
bertujuan untuk Mengetahui kebiasaan siswa SMAN 1 Ciampea dalam membuang sampah
di sekolah.
3.2
Waktu Dan Tempat
Penelitian ini
dilaksakan di SMAN 1 Ciampea, pada tanggal 02/11/2011
3.3
Metodologi Penelitian
Disini menggunakan
metode wawancara, [4]penjawab. Metode
wawancara ini penulis tidak akurat dalam
mendapatkan data dari setiap sampel, karena penulis mungkin saja mendapatkan
data tidak benar adanya karena beberapa
siswa yang enggan
atau malu untuk menjawab jika ditanya kebiasaan
mereka dalam membuang sampah. Akan tetapi mereka menjawab
dengan jujur berdasarkan dari perbandingan (yang mendominasi) membuang sampah
sembarangan dan membuang sampah pada tempatnya selama mereka bersekolah di
SMANIC.
3.4
Instrumen Penelitian
Karena karya ilmiah ini
menggunakan metode wawancara, maka dalam penelitian ini akan menanyakan
beberapa hal pertayaan kepada sampel yang sudah dirangkum dalam tabel
pengamatan sebagai berikut:
TABEL
PENGAMATAN
NO
|
Pertanyaan
|
Sampel
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
||
1
|
Apakah kalian
pernah membuang sampah sembarangan?
|
||||||||||||
2
|
Apakan di
kelas kalian ada tempat sampah?
|
||||||||||||
3
|
Menurut diri
kalian sendiri, kalian mendominasi membuang sampah pada tempatnya atau
membuang sampah sembarangan selama bersekolah di SMANIC
|
||||||||||||
4
|
Apakah kalian
selalu menjaga kebersihan kelas dengan cara melaksanakan piket?
|
3.5
Populasi dan Sampel
Penelitian ini meneliti dari
populasi XI IPA 1, dan sampel yang di teliti diambil 4 orang dari setiap
barisan bangku secara random.
BAB
IV
PEMBAHASAN
Dalam penelitian
ini mendapatkan jawaban-jawaban dari 12 sampel yang menjawab
petanyaan-pertanyaan dari penelitian ini, penelitian ini memberikan 4
pertanyaan kepada sampel, saat ketika responden di tanya “Apakah kalian pernah
membuang sampah sembarangan?” seluruh responden menjawab ya, lalu ketika
responden di tanya “Apakan di kelas kalian ada tempat sampah?” responden
menjawab ya ada 9, tidak hanya 1 dan kadang-kadang ada 2. Lalu Ketika responden
ditanya “Menurut diri sendiri, kalian mendominasi membuang sampah pada
tempatnya atau membuang sampah sembarangan selama bersekolah di SMANIC”
responden menjawab pada tempatnya ada 7 dan membuang sampah sembarangan ada 5.
Ketika responden di tanya “Apakah kalian selalu menjaga kebersihan kelas?”
responden yang menjawab ya ada 8 dan menjawab kadang-kadang ada 4.
Dari penjelasan diatas, penelitian
ini mendapatkan data bahwa 99% siswa SMAN 1 Ciampea pernah membuang sampah,
lalu setiap kelas memiliki tempat sampah 85% dan kelas yang tidak memiliki tempat
sampah hanya 15%, dan siswa yang berkebiasaan membuang sampah pada tempatnya
berkisar 65% dan siswa yang membuang sampah sembarangan hanya 45%.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Penulis dapat menyimpulkan bahwa kesadaran siswa SMANIC
dalam membuang sampah masih kurang, oleh karena itu kita siswa SMANIC yang
bersekolah di SMANIC sepatutnya untuk menjaga kebersihan sekolah untuk agar [5]lingkungan
hidupnya serasi dan seimbang, sehingga tidak menggangu aktivitas belajar
mengajar dan tidak sekolah mempengaruhi
kehidupan kita
5.2 Saran
Dalam penelitian ini mandapatkan
usul dari beberapa sampel agar siswa-siswi SMANIC senantiasa membuang sampah
sebagai berikut:
1. Siswa
diharapkan mempunyai kesadaran dari hati nuraninya sendiri untuk menjaga
kebersihan.
2.
Petugas piket harus membersihkan kelas serta lingkungan sekitar.
3.
Guru wajib menegur siswa yang membuang sampah sembarangan.
4.
Menyediakan tempat sampah di setiap tempat rawan sampah
5.
Memberi sanksi tersendiri bagi siswa yang melakukan pelanggaran terutama
membuang sampah sembarangan.
Untuk
menjaga kebersihan sekolah kita, kita harus membenahi dan membiasakan diri
sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan senantiasa menjaga kebersihan
di sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Asmara, Adi. (2008) Pengetahuan
lingkungan alam kelas X. Bandung: CV Antikan Mandiri
Endang, haris.
(2010) Lingkungan kita. Bandung: PT
Gelora Aksara Pratama.
Yanuar, Budi.
(2006) Tegar lingkungan. Jakarta:
Erlangga.
Situs :
LAMPIRAN
NO
|
Pertanyaan
|
Sampel
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
||
1
|
Apakah kalian
pernah membuang sampah sembarangan?
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
2
|
Apakan di
kelas kalian ada tempat sampah?
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
K
|
T
|
K
|
Y
|
Y
|
Y
|
3
|
Menurut diri
kalian sendiri, kalian mendominasi membuang sampah pada tempatnya atau
membuang sampah sembarangan selama bersekolah di SMANIC
|
S
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
S
|
S
|
S
|
P
|
P
|
S
|
4
|
Apakah kalian
selalu menjaga kebersihan kelas?
|
K
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
Y
|
K
|
K
|
Y
|
Y
|
K
|
*Keterangan
Y(ya), K(kadang-kadang),
S(Sembarangan), P(pada tempatnya).
[1] Kebersihan lingkungan (Jawa timur: www.SMA4Bjonegoro, 2009), h.2
[2]
Adi, asmara. ARMAN (Bandung: CV
Antikan Mandiri, 2008), h.7
[3]
Yanuar, Budi. Tegar lingkungan
(Jakarta: Erlangga, 2006), h.19
[4] Wawan, supriadi., wawancara (Jakarta: www.dig.com,
2010), h.1
[5]
Endang, haris. Lingkungan kita
(Bandung: PT Gelora Aksara Pratama, 2010), h.55
0 komentar:
Posting Komentar