Jumat, 11 Mei 2012

Makna dari penciptaan pelangi


Pelangi adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Dari mana sebenarnya pelangi itu?
Pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari oleh air hujan, cahya matahari yang terlihat dengan kasat mata hanya berwarna putih, tetapi jika kita biaskan dengan kaca, salah satunya berbentuk prisma, maka cahaya matahari akan terlihat berwarna warni. Kenapa cahaya matahari  ketika tebias oleh air hujan dapat berwarna-warni? Ternyata ketika cahaya matahari di biaskan oleh air hujan, cahaya matahari yang memiliki spectrum berwarna “mejiku hibini u”. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.
Pelangi dan cahaya matahari adalah suatu pelajaran yang sangat penting bagi manusia, salah satunya tentang persatuan yang hakiki. Pelangi tercipta karena adanya pembiasan oleh air hujan, yang awalnya cahya yang berwarna putih menjadi 7 warna, hal ini mengingatkan kita pada persatuan manusia, khususnya umat muslim. Allah berfirman “Wahai manusia! Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa (QS Al-Hujraat [49]: 13)”

Jika kita bayangkan bahwa cahaya matahari adalah agama islam, sedangkan ke 7 warna pelangi adalah bangsa-bangsa/suku-suku, dan ke 7 warna itu di bagi kembali menjadi septrum-spektrum warna lainnya bagaikan orang-orang yang ada dalam suku/bangsa yang hidup berdampingan dan bersatu satu dengan yang lain, sungguh indah dan tentram agama islam ini.

Allah menciptakan pelangi untuk mengingatkan kita akan persatuan dan kesatuan umat muslim, karena Allah melarang umatnya untuk saling berselisih. Allah berfirman, “Janganlah kamu menjadi seperti mereka yang berkelompok-kelompok dan berselisih, setelah datang penjelasan kepada mereka keterangan yang jelas ... (QS Ali 'Imran [3]: 105).”
 
 Jadi, kita sebagai umat muslim harus bersatu, karena persatuan adalah perwujudan keharmonisan masing-masing komponen yangmenerima perbedaan sebagai suatu kekayaan yang memperindah kehidupan.Menyeragamkan sering menghasilkan persatuan yang semu. Ibarat pelangi,perbedaan warna muncul hanya untuk menunjukkan keindahan, bukan untuk berceraiberai, SUBHANALLAH



Nah, bagi para reder yang mau  coba membuat pelangi di rumah tanpa menunggu hujan klik disini

0 komentar:

Posting Komentar