Jumat, 11 Mei 2012

Mari membuat pelangi buatan di rumahmu


Nah bagi para pembaca, yang mau melihat pelangi tanpa menunggu hujan, ada cara yang sangat mudah sekali dan bahan-bahannya juga bisa minjem ke orang tua di rumah hehehe
tapi kali ini kita membutuhkan cahaya matahari, jangan pernah menduga bahwa pelangi terjadi disaat hujan dan malah melakukan percobaan ini di saat hujan juga. langsung aja yu kita lihat...




Di praktekkan oleh :

- Abdul fadly
- Citrawati
- Gessang trihatmojo habibullah
- Gunawan
- Imel kurniawan
- Muhammad alauddin rauf 

Tempat dan tanggal :
SMAN 1 Ciampea (25/04/2012)

Guru pembimbing :
Bu Zaimul

ALAT DAN BAHAN

                  - kaca berbentuk prisma, dan bentuk lainnya, atau Gelas berisi penuh air.
                        - kertas HVS
                        - Ember/benda lainnya                  

CARA KERJA

1.      taruhlah kertas HVS di tempat yang terkena cahaya matahari (di dalam rumah dimana cahaya matahari masuk)
2.      Letakkan ember dan gelas berisi air di samping kertas sehingga cahaya matahari mengenai permukaan gelas dan cahaya bias mengenai kertas.
3.      Perhatikan warna cahaya yang terjadi di dekat ember.                      


                          Hasil percobaan
            setelah kami lakukan percobaan, kami menggunakan gelas berisi air untuk mengganti prisma, dan akhirnya kami mendapatkan hasil bahwa cahaya yang terbiaskan akan merubah cahaya matahari yang berwarna putih menjadi beragam warna. Begitupun sebaliknya ketika mencampur ke 7 warna mejiku hibini u akan merubah warna menjadi warna putih.
 Pembahasan
            Warna cahaya matahari yang terlihat dengan kasat mata hanya berwarna putih, tetapi jika kita biaskan dengan kaca, salah satunya berbentuk prisma, maka cahaya matahari akan terlihat berwarna warni. Kenapa cahaya matahari  ketika di teruskan pada prisma dapat berwarna-warni? Ternyata ketika cahaya matahari di teruskan atau masuk ke kaca prisma, cahaya matahari yang memiliki spectrum berwarna mejiku hibini u masuk dan akan dipancarkan kesegala arah sehingga warna dari cahaya matahari akan terlihat.

5 komentar: