Sabtu, 09 Juni 2012

Massa jenis


Dipraktekkan oleh :
- Anggi N F
- Intan P P
- Ria M
- Rossa A
- Tri Y L
- Yaesi A E

Tanggal                  :
 16/05/2012

Guru pembimbing  : 
Bu Zaimul  

     Berdasarkan Hukum Archimedes, sebuah benda yang tercelup ke dalam zat cair akan mengalami dua gaya, yaitu gaya gravitasi atau gaya berat (W) dan gaya ke atas (Fa) dari zat cair itu. oleh karena itu kami melakuan percobaan ini untuk membuktikan hal tersebut.

Peristiwa Mengapung, Melayang dan Tenggelam
Tujuan : Mengetahui bagaimana suatu benda dapat Mengapung, Melayang dan Tenggelam dalam air

Alat dan Bahan :

  1. Gelas bening
  2. Air
  3. 3 butir telur
  4. Garam dan Cuka


Cara Kerja :
  1. Isi gelas bening dengan air lalu masukan telur
  2. Setelah itu masukan garam dan cuka kedalam air sehingga menjadi larutan garam
  3. Kami amati telur yang berada daam garam tersebut
  4. Tambah garam dan cuka sedikit demi sedikit sampai telur mengambang 
 

ANALISIS : Setelah kita melakukan percobaan diatas. Terjadi perubahan pada telur saat air sesudah dan sebelum diberi garam dan cuka. Ternyata telur saat berada pada air murni, telur itu tenggelam. Ini diakibatkan karena massa air < massa telur. Tetapi saat telur berada dalam larutan garam, cuka, telur tersebut lama kelamaan melayang dan naik kepermukaan larutan. Mengapa demikian ?
Dengan menggunakan rumus Archimedes
ρ =  m / v dan w = m x g
Maka dengan menambahkan garam dan cuka ke dalam air tersebut, berarti kita menambahkan sejumlah massa ke dalam air. Karena garam larut di dalam air dan volume airnya tetap, massa jenis air sekarang menjadi lebih besar daripada keadaannya semula. Selain itu, penambahan garam juga berarti mengubah berat air. Tetapi berat telur tidak berubah. Semakin banyak garam yang dimasukkan ke dalam air, massa jenis air menjadi semakin besar. Densitasnya semakin besar, begitu pun beratnya. Akibatnya Air bergaram ini menjadi "semakin berat dan tenggelam". Tak hanya lebih berat daripada air-segar, namun juga lebih berat daripada telur. Kondisi inilah yang mengakibatkan sang telur "terdorong" ke atas ... ke atas ... ke atas ... dan akhirnya mengapung. Tak hanya mengambang.

0 komentar:

Posting Komentar